loading...

Tuesday 2 August 2016

ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN bidang Jalan

ahs bidang jalan
Analsia Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum dimaksudkan sebagai acuan dalam menghitung biaya pembangunan bagi pemerintah/regulator sebagai kelengkapan dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah terkait dengan pekerjaan konstruksi dan bangunan serta bagi kalangan penyedia jasa konstruksi.  

  • Harga satuan pekerjaan terdiri atas:
a.       Biaya langsung
b.      Biaya tidak langsung
  • Komponen biaya langsung terdiri atas:
a.       Tenaga kerja
b.      Bahan
c.       Alat
  • AHSP bidang Umum yang dibahas dalam pedoman ini meliputi semua pekerjaan yang berlaku untuk kegiatan pekerjaan bidang Sumber Daya Air, Bina Marga dan Cipta Karya antara lain:
a.       Pekerjaan Tanah
b.      Pekerjaan Pasangan
c.       Pekerjaan Beton Bertulang
d.      Pekerjaan Baja
e.      Pekerjaan Pemancangan
f.        Pekerjaan Pengeringan air (dewatering)
g.       Penggunaan Peralatan Kerja

PENJELASAN 
Didalam format excel  AHS PEKERJAAN JALAN diatas, telah termuat rumusan baku dalam pembuatan anggaran pekerjaan konstruksi jalan. Penamaan Analisa dibuat berdasarkan Divisi Masing-Masing Terdapat sheet D1 sampai D10 yang digolongkan berdasarkan Divisinya masing-masing
D1  - Divisi Utama
D2  - Divisi Drainase
D3  - Pekerjaan Tanah
D4  - Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan
D5  - Perkerasan Berbutir dan Perkerasan Beton Semen
D6  - Perkerasan Aspal
D7  - Struktur
D8  - Pengembalian Kondisi dan Pekerjaan Minor
D9  - Pekerjaan Harian
D10- Pekerjaan Pemeliharaan Rutin 

Didalam sheet divisi ini telah dibuat rumusan baku mengenai standarisasi koefisien, perubahan terhadap koefesien hanya dapat dilakukan dengan rujukan Analisa Jarak (L) dan juga ketebalan dari masing-masing lapisan yang akan dikerjakan. 

Contoh: 
1. Bila letak Quarry mempuyai jarak 20 km dari lokasi pekerjaan, maka dapat memasukan data pada sheet Peta Quarry, sehingga akan didapatkan analisa jarak angkutnya, Jangan Lupa untuk mengupdate data pada Analisa Quarry anda sesuaikan jarak yang ada dengan hasil perhitungan pada Peta Quarry agar tidak terjadi perbedaan data.
2. Seemisal ada sebuah pekerjaan Penghamparan Agregat kelas A dengan ketebalan 25 cm, maka Anda perlu untuk mengupdate data pada sheet D4 ANALISA EL-421 pada bagian (kolom H14) Tebal Lapisan Agregat Padat, anda cukup menganti Kolom H14 dengan angka 0.25 komfersi dari cm ke meter.
Demikian seterusnya
****



No comments:

Post a Comment